Zakat PNS Muslim 2,5% Potong Atas Melalui Gaji

Setujukah Anda Zakat PNS Muslim 2,5% Langsung Dipotong dari Gaji oleh Pemerintah?

23 Responses

  1. Sadarudin Bakrie

    Zakat itu ibadah wajib dan tak bisa dipisahkan dengan duit. Presiden lupa kalau ini bukan negara Islam. Saya curiga dana zakat itu ujungnya untuk membiayai infrastruktur. Dana zakat itu harus dikelolah dengan hukum Islam dan tak boleh dengan peraturan pemerintah termasuk juga kepres. Sesuai dengan yang ditetapkan dalam al Quran , dana Zakat itu adalah sepenuhnya milik delapan golongan yang berhak menerima zakat dari para mustahik. Dan dana zakat itu haram jika mengalir keluar dari 8 golongan itu.

    Lagi pula tak semua PNS gajinya bisa memenuhi haul dan nisab. jadi tak bisa gunakan asumsi bahwa gajih PNS itu telah mencapai haul dan nisab. karena ada perbedaan jumlah gaji yang diterima oleh masing2 ANS. Juga ada perbedaan dalam tingkat konsumsi dari masing2 ANS.

      1. zenrif

        Emang kalay bukan republik Islam syariat bdsk boleh diatur negara ya? Ndak perlu Kemenag juga? Ndak perlu aturan haji juga ya? Itu kan syariat? Ini bukan negara Islam. Semua tahu lah… Mikir kok ndak jelad

  2. Niar Villario

    Biarkan PNS sendiri yg msnyakurkan zakat masing2 sesuai ketentuan agama…krn sdh diatur dlm islam siapa yg berhak menerima zakat….
    Zakat bukan dipeuntukan pembabgunan infrastruktur….pemerintah jgn salah kapra…!!!!
    Tlg aturlah negeri ini dgn benar.

  3. suryosodipuro

    Utang utang utang … jual jual jual .. giliran apbn jeblok mau peras umat islam . Ingat pak presiden pernah bilang jangan sikait kaitkan agama dengan politik. Kenapa sekarang umat islam harus nanggung beban pemerintah ? Hutang hutang gak.pernah bicara dengan umat islam .

  4. Pengelolaan Zakat koq jadi domainnya pemerintah ….. Sedangkan Pemerintah terdiri dari unsur Partai apa tidak membuka peluang celah untuk kepentingan Partai , Saya lebih setuju dibentuk Baitul Maal yang pengelolaannya Independen tapi diurus oleh orang yang paham betul seluk beluk zakat dan pengelolaannya.

  5. Dm

    Bersyukurlaha kita aebagai umat islam, satu demi satu syariat masuk dalam perundang-undangan indonesia walaupun indonesia bkn negara islam.. zakat jalan, islam kuat..

  6. Hafiz

    Dungu….
    Zakat itu dipotong per tahun bukan per bulan.
    Syarat zakat:
    1. Haul ( setelah mengendap 1 tahun)
    2. Nishob (batas minimal harta).

  7. Ahmad R

    Zakat itu kewajiban bagi setiap muslim bukan disebabkan sistem kenegaraan jd mau negara berasaskan Islam atau sekuler bagi individu muslim wajib melaksanakan. Adapun kekhawatiran dana zakat yg terkumpul dipergunakan untuk membiayai diluar ketentuan Al-Qur’an ummat wajib mengawasi, prioritas penggunaan harus dalam rangka menghapuskan kemiskinan ketentuan nisab wajib diperhatikan, ingat zakat berbeda dengan pajak…zakat itu bertujuan membersihkan harta yg dimiliki karena ada hak orang miskin dr harta yg diperoleh sehingga ada batas nilai yaitu nisab. Semoga program ini terlaksana dengan baik sesuai aturan Alquran dan hadits ummat wajib mengawalnya.

  8. Kengy Gilang R

    Menurut saya yang penting harus dikedepankan disampaikan oleh pemerintah adlh ESENSI DAN SUBSTANSI zakat yaitu UNTUK MEMBERSIHKAN HARTA. Tentu saja zakat itu wajib manakala ASN telah mencapai haul dan nisabnya. Kalau belum ya tidak wajib zakat. Kalau pada khawatir dana Zakat untuk infrastruktur ? Waduh kebangeten bos.. kana ada BAZNAS, lha wong BAZNAS aja (example: BAZNAS KOTA YOGYAKARTA) 5 tahun berturut2 dapet opini WTP dari akuntan publik kok. Mari positif thinking. Kalo emang ada penyimpangan ya laporin aja. Selesai kan ? Harapan saya, banyak ASN yang meskipun dia belum mencapai haul dan nisab tapi SADAR bayar zakat. Maturnuwun.

  9. Kengy Gilang R

    Tambahan : INDONESIA memang bukan Negara Islam bos.. tapi MAYORITAS penduduknya ISLAM dan NEGARA harus hadir dlm urusan Agama. Especially dalam pengelolaan ZAKAT. Makanya telah dibentuk BAZNAS. Gitu bos…

  10. Iis i

    Ada” saja pemerintah mo cari keuntungan utk dana yg g jls.. kaya negara islam aja pake potonng zakat dr gaji pns segala… ga usahlah sangat tdk stuju

  11. Azka

    Sekaliann dirubah sistemnya menjadi sistem islam. Jangan diambil duitnya saja. Rezim dholim terhadap ummat islam. Kekayaan negara dijual kepada aseng, dana haji disikat, ulama dikrimalkan, pejabat korup dibiarkan, munkarot dilindungi. Semoga segera tumbang

  12. Mr. Khan

    Next time Menteri Agama di ambil dari Lulusan Pesantren.. Biar tau Hukum hakam syariah Islam & ga pilih²
    Dana Haji mau di atur Negara..
    Dana zakat mau di atur Negara..
    Giliran yg ad duit ny aja Negara mau atur

    Giliran Syareat Islam yg laen ;
    YG PUASA HORMATI YG GA PUASA..
    YG SHOLAT HARGAI YG GA SHOLAT..
    LGBT (penyakit) di Bela..
    #SalamWaras

  13. Dias

    Zakat itu soal ibadah, banyak cara untuk berzakat yg bisa langsung di gunakan tepat sasaran. Rakyat itu seperti penumpang bus. Kalo sopir sudah bermasalah banyak penumpang yg bisa nyetir

Leave a Reply