Semoga Ada Jalan Sehingga WNI Bisa Segera Dievakuasi Dari Wuhan

Setelah Ulama Kini Pastor, Susah untuk Tidak Curiga Kalau Kita Sedang Diadu Domba

Semoga Ada Jalan Sehingga WNI Bisa Segera Dievakuasi Dari Wuhan

Jakarta, 29 Januari 2020—Upaya Pemerintah Indonesia untuk segera mengevakuasi WNI di Wuhan dan di kota-kota lain di China yang terkontaminasi virus corona masih belum bisa dilakukan karena masih harus berkoordinasi dan menunggu kebijakan Pemerintah China terkait evakuasi warga negara asing. Memang dengan memburuknya kondisi yang disebabkan oleh virus corona, selain Indonesia, beberapa negara lain (Amerika; Jepang; Australia; India; Korea Selatan; Prancis; Inggris) juga sedang berupaya mengambil tindakan untuk memulangkan warga mereka dari berbagai wilayah di China yang terkena dampak virus corona.

“Semoga ada jalan sehingga semua WNI bisa segera dievakuasi dari Wuhan dan dari kota-kota lain di China yang terkontaminasi virus corona. Kita berharap Pemerintah China segera membolehkan proses evakuasi, tentunya disertai berbagai saran dan pertimbangan agar proses evakuasi berjalan lancar. Kita di Indonesia juga harus sudah mempersiapkan dengan matang proses evakuasi termasuk hal-hal yang sifatnya teknis,” ujar Anggota DPD RI Fahira Idris, di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta (29/1).

Menurut Fahira, kondisi darurat di sebuah wilayah akibat penyebaran virus memang tidak sama dengan kondisi daerah yang menjadi darurat akibat bencana alam. Kebijakan isolasi yang diberlakukan Pemerintah China di Wuhan dan beberapa kota lain di China akibat virus corona memang harus ditempuh agar virus tidak berpindah. Namun, Pemerintah China juga harus mempunyai kebijakan khusus terkait warga negara asing agar bisa dievakuasi dan diurus oleh negaranya masing-masing.

Dalam suasana darurat seperti ini, lanjut Fahira, tentunya warga negara asing termasuk WNI di Wuhan dan di daerah lain di China yang terkontaminasi virus corona merasa lebih aman dan nyaman jika dievakuasi dan diurus oleh pemerintah negaranya sendiri. Ini juga akan meringankan beban Pemerintah China. Tinggal bagaimana China memberikan saran dan pertimbangan-pertimbangan agar evakuasi bisa berjalan baik dan lancar termasuk saran dan pertimbangan terkait treatment kesehatan.

“Kita semua berharap China segera mengeluarkan kebijakan untuk membolehkan kita mengevakuasi WNI yang ada disana. Untuk itu Kemenlu harus lebih intensif menjalin komunikasi dengan Pemerintah China agar kebijakan ini bisa segera diputuskan dan kita segera bisa mengevakuasi warga kita,” tukas Wakil Ketua Badan Pengkajian MPR ini.

Sebagai informasi, sambil menunggu jawaban dari China, Pemerintah Indonesia sudah mulai menyiapkan sejumlah mekanisme evakuasi. Salah satunya adalah, sambil menunggu instruksi dari Kementerian Luar Negeri, TNI AU mempersiapkan 3 pesawat yang siap diterbangkan untuk menjemput WNI dari wilayah karantina penyebaran virus corona (N-Cov) di China.

Leave a Reply

WhatsApp chat