Saya Akan Terus Perjuangkan Upah Layak untuk Kesejahteraan Honorer Kategori 2 (K2)

Saya Akan Terus Perjuangkan Upah Layak untuk Kesejahteraan Honorer Kategori 2 (K2)

Bahagianya bisa bertemu dan berdiskusi dengan sahabat-sahabat honorer Kategori 2 (K2) di RSUD wilayah Jakarta Timur. Para tenaga honorer di bidang kesehatan ini, banyak menyampaikan kepada saya aspirasi dan keluhan terkait kejelasan status karir, kondisi upah, dan harapan-harapan atas jaminan pekerjaan dan penghidupan para tenaga honorer kedepan.

Sembari berdiskusi ringan, para tenaga honorer ini bercerita suka duka, sebagian besar ada yang sudah bekerja puluhan tahun. Namun dari segi upah, tenaga honorer ini masih memperoleh upah dibawah UMR sehingga belum memadai untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan keluarga mereka.

Hal ini tentu menjadi keprihatinan tersendiri dimana tenaga medis honorer adalah ujung tombak pelayanan kesehatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat namun belum mendapatkan apresiasi dan juga upah yang layak dari pemerintah.

Melalui pertemuan ini saya sampaikan, bahwa saya, Fahira Idris, Ketua Komite III DPD RI, akan terus mendorong Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Kesehatan RI kemudian, Kementerian Hukum dan HAM, Kementeiran Keuangan RI, serta Kemenpan RB yang bertugas mendayagunakan ASN sesuai semangat reformasi birokrasi, serta pemerintah daerah untuk bersinergi menyelesaikan permasalahan ini.

Tentu upaya untuk memperjuangkan hak atas upah yang layak bagi para tenaga kesehatan honorer adalah usaha berkesinambungan yang memerlukan komitmen kuat dari pemerintah, dan stake holders kesehatan di Indonesia.

“Kesehatan adalah kunci kemajuan bangsa, oleh karenanya para tenaga honorer kesehatan perlu dijamin pula penghidupannya”

Saya akan selalu mendampingi sahabat-sahabat Honorer K2 untuk terus berjuang hingga mereka mendapatkan hak-hak yang memang seharusnya diberikan, serta kesejahteraan yang memang selalu mereka impikan.

Semoga sahabat-sahabat Honorer K2 selalu diberikan kesehatan, selalu dalam lindungan Allah SWT, selalu diberkahi perjalanannya oleh Allah SWT. Jangan menyerah sahabatku, yang terpenting adalah bagaimana kita terus bersyukur dan tidak mudah menyerah atas perjuangan kita selama ini.

Salam hormat dari saya untuk seluruh sahabat honorer K2 di seluruh Indonesia.

Leave a Reply