Dukung Kerjasama Jakarta-Cilacap, Fahira Idris: Wujud Nyata Kolaborasi Antarderah

Dukung Kerjasama Jakarta-Cilacap, Fahira Idris: Wujud Nyata Kolaborasi Antarderah

Jakarta, 16 April 2021—Anggota DPD RI atau Senator DKI Jakarta Fahira Idris mendukung kerja sama antardaerah Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan Kabupaten Cilacap dalam sektor ketahanan pangan (beras). Kerja sama ini sangat strategis tidak hanya bagi Pemprov DKI Jakarta dan Pemerintah Kabupaten Cilacap tetapi bagi kedua masyarakat di dua daerah tersebut. Warga Cilacap terutama petani akan lebih terdorong kesejahteraannya karena hasil panen dan komoditas pangan yang lain tersalurkan dengan lancar. Sementara bagi Jakarta, kerja sama ini memastikan warga mendapatkan pangan lokal (beras) yang berkualitas.

“Kemajuan Indonesia itu ada di daerah-daerah. Makanya antardaerah harus saling support. Eratkan kerja sama, kuatkan kolaborasi. Apa yang dilakukan DKI dan Cilacap saya rasa contoh baik kolaborasi antardaerah. Semoga kerja sama ini semakin meluas dan membesar sehingga kedua daerah bergerak maju bersama. Ke depan, DKI dengan berbagai kemampuan dan kebutuhannya akan sektor pangan yang besar bisa menjalin kerja sama dengan daerah lain untuk jenis komoditas pangan yang lainnya,” ujar Fahira Idris di Komplek Parlemen, Senayan Jakarta (16/4).

Menurut Fahira, kemampuan, potensi, dan kondisi daerah yang berbeda-beda menjadikan kolaborasi antardaerah di Indonesia menjadi sebuah keniscayaan. Kolaborasi yang saling menguatkan dan menguntungkan antardaerah di Indonesia akan menjadi pemacu denyut aktivitas ekonomi dan mendorong pemerataan kesejahteraan di Indonesia. Sebagai Anggota DPD atau wakil rakyat yang ditugaskan memperjuangkan kepentingan daerah, Fahira memandang sudah saatnya kerja sama antar pemerintah daerah di semua level (provinsi, kabupaten, kota) dijadikan agenda strategis oleh Pemerintah Pusat. Selain efektif geliatkan ekonomi rakyat di daerah, kerja sama antardaerah juga penting untuk memperkuat ketahanan nasional terutama ketahanan pangan.

“Saat ini kita dihadapkan pada kompleksitas persoalan dan kebutuhan masyarakat di daerah yang bisa cepat diatasi dengan melewati batas-batas wilayah administratif, contohnya kebutuhan pangan. Jakarta sendiri hampir semua kebutuhan pangan didatangkan dari luar daerah. Daerah lain yang juga mempunyai keterbatasan, idealnya bekerja sama dengan daerah lain yang punya komoditas berlebih. Makanya saat ini penting bagi daerah untuk identifikasi isu-isu strategis di daerahnya dan merumuskan model kerjasama yang tepat dengan daerah lain,” pungkas Fahira Idris.

Sebagai informasi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan beserta rombongan berkunjung ke Kabupaten Cilacap dalam rangka kegiatan Panen Padi Bersama dan sekaligus Penandatanganan Kerja Sama Antardaerah Pemprov DKI Jakarta dan Kabupaten Cilacap yang akan dilaksanakan hari ini, Jumat (16/4).

Leave a Reply

WhatsApp chat